Senin, 03 Oktober 2011

Nilai Objek dan Subjektif

KELOMPOK 5
Pada presentasi pertama ini kelompok saya mengambil tema “ PERISTIWA PELEDAKAN BOM SOLO
PENGERTIAN NILAI OBJEKTIF DAN NILAI SUBJEKTIF :
Nilai objektif adalah kualitas yang dilihat dari kondisi sebenarnya. Nilai objektif tidak dapat dipisahkan dari subjek yang menilai. Subjek dapat berupa individu, kelompok masyarakat, suatu bangsa atau universal. Nilai yang diberikan oleh subjek disebut nilai subjektif.
STUDI KASUS : PERISTIWA PELEDAKAN BOM SOLO
Latar Belakang Kasus : Minggu 25 September 2011 lalu, satu ledakan terjadi di Gereja Kepunton Solo di jalan Arif Rahman Hakim, usai pelaksanaan misa sekitar pukul 10.55 WIB. Ledakan tersebut berasal dari bom yang diledakkan seseorang di depan pintu gereja usai pelaksanaan misa . Satu orang yang diduga pelaku tewas di tempat kejadian sementara sekitar delapan orang mengalami luka ringan dan telah dibawa kerumah sakit terdekat.
NILAI OBJEKTIF :
* Peledakan bom di solo mengakibatkan kerusakan di sebuah gereja
* Jumlah korban yang tewas hanya satu, dan itu merupakan pelaku bom bunuh diri tersebut
* Delapan korban yang lain hanya mengalami luka-luka
NILAI SUBJEKTIF :
*  Presiden SBY mengungkapkan bahwa pelaku pengeboman merupakan anggota jaringan teroris di Cirebon, jawa barat.
*  Presiden juga sangat menyesali terjadinya peristiwa itu. Kejadian bom solo sungguh tidak sesuai dengan kemanusiaan yang adil dan beradab serta bertentangan dengan pancasila.
*  Menurut Joserizal jurnalis, ketua MER-C, relawan medis daerah konflik mengatakan bahwa ledakan bom di solo sesuatu yang menggelitik akal kita, bisa jadi hal tersebut pengkondisian berkelanjutan terorisme di indonesia, sehubungan dengan kedatangan Obama di bali bulan november 2011 ,yang ke dua bisa jadi adalah pengalihan isu, sehubungan dengan akan di sahkannya RUU Intelijensi dan RUU Keamanan Negara oleh DPR. Yang ke tiga bisa jadi ini merupakan rencana pihak tertentu yang ada hubungannya dengan masalah Ambon.
* Beberapa Masyarakat bependapat bahwa Sebenarnya salah satu pemyebab terjadinya tindakan terorisme adalah ketidakadilan,baik berskala global atau lokal dan ancaman bom bunuh diri seperti ini sudah menjelma menjadi sebuah trend yang di lakukan oleh sekelompok orang mengambarkan ekspresi kekecewaan.
*  Menurut Politisi Partai Keadilan Sejaktera (PKS ) ,Aboebakar alhabsy, mengungkapkan bahwa beliau sangat mengecam tindakan ini, beliau melihat fungsi intelijen kita tidak efektif, sekarang bom solo kemarin konflik ambon dll, ini yang terjadi pada 1 bulan,ada apa ini? Akhirnya rakyat akan berspesikulasi bahwa negara tengah melakukan pembiaran terhadap keamanan rakyat Indonesia yang merupakan hak dasarnya, kemudian rakyat akan menduga bahwa semua ini upaya pengalihan isu.

NILAI POSITIF :
* Dengan kejadian bom solo, masyarakat diharap akan menjadi lebih waspada terhadap  lingkungan sekitar.
* Kepolisihan Lebih meningkatkan tingkat keamanan .

NILAI NEGATIF :
* Kejadihan ini merupakan tamparan keras bagi pemerintah khususnya Polri, Kejadihan yang sama kembali terjadi sehingga Rakyat tak merasa Aman…
* Dari segi hubungan antar umat beragama, kejadian ini bisa mengganggu kerukunan antar umat beragama.
* Dari segi bisnis, kejadian ini dapat mengurangi ketertarikan investor-investor asing untuk menanam modalnya di Indonesia.
* Dari segi keamanan, meresahkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam menjalankan ibadah masing-masing
* Tentunya Indonesia kembali menangis karena putra bangsa yang seharusnya menjadi penerus bangsa menjadi korban oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Agama serta nama Indonesia di mata dunia kembali tercoreng dan kembali di CAP sebagai negara terorime dan negara yang tak aman untuk di kunjungi.

NILAI DASAR HUKUM
1.      Keadilan
*  Kepolisian Indonesia harus mampu mengungkap jaringan teror di indonesia secara tuntas sampai ke akar-akarnya serta memusnakan kekuatannya agar tindakan tindakan ini terhapus di muka Indonesia tercinta ini Karena teror bom di Indonesia sangat mengancam keamanan negara. Janganlah hanya terpaku satu masalah negara yaitu menyusut tentang korupsi. Ciptakan lah Rasa Aman bagi rakyat dimanapun rakyat akan melangkah
*  Dimanakah nilai keadilan bagi kami orang islam yang setiap terjadinya peristiwa seperti ini selalu mencoreng wajah islam dan umat islam yang lekat dengan sebutan Rahmat Lil’alamin, disini keadilan bagi kami sangat di pertanyakan, peristiwa pengeboman terjadi selalu memojokkan islam dan umat islam. Hapuslah gerakan Deradikalisasi, karena itu cara itu tidak akan mampu meredam aksi-aksi jihad malah sebaliknya akan memperbesar resistensi umat terhadap pemerintah.

Pendapat Anda
SETUJU ATAU TIDAK ANDA TERHADAP TERORISME ?
Pendapat Kami : Bukanlah setuju atau tidaknya terhadap aksi terorime,tetapi soal bagaimana seharusnya menangani persoalan tersebut sehingga tidak menyalahi syariat dan tidak saling membantai di antara anak bangsa ini.
Maka seharusnya yang lebih di kedepankan pihak pemerintah bukanlah pendekatan kekuatan (senjata). Tetapi menyelesaikan akar persoalan yaitu menghilangkan KETIDAKADILAN yang terjadi pada umat Islam.

2.      Kemanfaatan
*  Dari peristiwa bom solo ini kita dapat mengambil manfaat yaitu dalam bermasyarakat kita harus saling menjaga kerukunan, dan diharapkan dengan adanya kerukunan dalam bermasyarakat akan menciptakan keamanan dalam bermasyarakat.
*  Pemerintah lebih meningkatkan keamanan negara, yang di harapkan bukan pada saat bencana seperti ini terjadi tapi setiap saat.
*  Orang tua lebih mengawasi anaknya agar tidak terjerumus oleh organisasi-organisasi seperti ini yang mengatasnamakan Agama.
3.      Kepastian Hukum
Para pelaku teror bom harus dihukum seberat-beratnya karena telah mengganggu keamanan negara dan mengancam nyawa masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA :
1.      Kalteng Pos
2.      Google
3.      Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar